Tubular Heater

Elemen pemanas Tubular heater

Merupakan elemen pemanas listrik dimana gulungan coil resistance wire dimasukan kedalam pipa dan di cor bersama-sama dengan bubuk isolator( Mgo powder) yang berkemampuan meneruskan panas dan isolator listrik yang baik, sehingga arus listrik tidak menembus dan mengalir pada pipa pembungkusnya, proses pengecoran nya dilakukan dengan menggunakan mesin isi (filling machine) yang dirancang sedemikian rupa.

Bahan atau material tubular heater

Material pipa atau tubing yang digunakan sebagai pembungkus atau selongsong tubular heater ini disesuikan dengan penggunaan heater tersebut, apakah untuk memanaskan udara, Air, cairan kimia dan lain lain. Pada umumnya bahan yang sering digunakan adalah: Stainless Stell 304, Stainless Stell 316,Incoloy, Tembaga, Titanium.


Konstruksi tubular heater

Setelah proses pengecoran maka pipa yang telah berisi resistance wire tersebut di press dengan menggunakan tube reduction machine sehingga diameter pipa akan mengecil dan bubuk isolator akan menjadi solid, hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya rongga udara didalam heater yang menyebabkan ruang kosong sehingga wire resistance yang memuai akibat panas akan bebas bergerak dan berpeluang menempel pada dinding pipa yang akhir nya terjadi short body dan putusnya resistance wire.

Diameter akhir tubular heater hasil proses reduksi (press) yang ada di pasaran adalah : 8mm, 11,2 mm 12.5 mm 15.8 mm dan 18.9 mm dengan panjang tidak lebih dari 6 meter.

Resitance Wire yang digunakan adalah kawat tahanan yang dimensinya disesuiakan dengan daya yang diminta, dimana kawat ini tahan pada suhu kerja maksimal 1300 derajat Celcius. Isolator tahan panas yang digunakan sebagai pengikat dan pembatas antara pipa dan kawat tahanan adalah bubuk Mgo yang mempunyai titik cair 2900 C.

Setelah itu tubular yg sudah di press tadi di bentuk sesuai permintaan dengan terlebih dahulu dilakukan proses pelunakan bagian yg akan di tekuk dengan melakukan proses heat treatmen (pembakaran).

Dalam pemesanan Tubular Heater ini , bentuk, dimensi heater,  daya listrik dan voltasenya sebaiknya dikonsultasikan dahulu agar didapat hasil produksi yang efisien dan bermutu tinggi.

Elemen pemanas yang menggunakan tubular heater ini adalah :

Water Heater
Immersion Heater
Finned Heater
Cast in Heater
Multy Form Heater
Over The sides Heater
Deffrost Heater
Radiant Heater
Dan Lain Lain

Gambar aneka tubular heater


FINNED HEATER

Merupakan Tubular Heater yang ditambahkan finned /sirip berpenampang bulat atau persegi yang dipasang sepanjang hot zone Tubular untuk maksud memperluas permukaan panas.


CAST-IN HEATER

Merupakan bentuk lanjut dari tubular heater, dimana tubular heater di cor bersama - sama dengan bahan cor sesuai bentuk yang diingin kan. ada 2 macam bahan cor yang umum di gunakan yaitu : alumunium dan kuningan.